Ilmuwan Islam Penemu Konsep Matematika
Sekarang
ini kita lebih mengenal tokoh-tokoh matematika barat daripada tokoh-tokoh
matematika muslim, padahal banyak tokoh-tokoh matematika muslim diantaranya
bahkan ada yang menemukan konsep matematika, adapun beberapa ilmuwan matematika
muslim yaitu sebagai berikut.
1.
Muhammad
ibn Musa al-Khawarizmi.
Beliau
dilahirkan di Bukhara. Al-Khawarizmi adalah seorang tokoh Islam yang
berpengetahuan luas, bukan hanya dalam bidang syariat tapi di dalam bidang
falsafah, logika, aritmatika, geometri, musik, ilmu hitung, sejarah Islam dan
kimia. Berikutnya Al-Biruni atau Abu Raihan Al-Biruni merupakan matematikawan
Persia, astronom, fisikawan, sarjana, penulis ensiklopedia, filsuf, pengembara,
sejarawan, ahli farmasi dan guru, yang banyak menyumbang kepada bidang
matematika, filsafat, obat-obatan. Abu Raihan Al-Biruni dilahirkan di
Khawarazmi, Turkmenistan atau Khiva di kawasan Danau Aral di Asia Tengah yang
pada masa itu terletak dalam kekaisaran Persia.
Mungkin
kita sudah sering mendengar istilah algoritma, Dalam kamus besar bahasa
Indonesia algoritma berarti prosedur sistematis untuk memecahkan masalah
matematis dalam langkah-langkah terbatas. Sebenarnya nama algoritma diambil
dari nama julukan penemunya yaitu al-Khawarizmi seorang matematikawan muslim
yang dilahirkan di Khawarizm, Uzbekistan.
Al-Khawarizmi (Khawarizm,Uzbekistan, 194 H/780 M-Baghdad, 266 H/850 M). Ilmuwan muslim, ahli di bidang ilmu matematika, astronomi, dan geografi. Nama lengkapnya adalah Abu Ja’far Muhammad bin Musa al-Khawarizmi dan di barat ia lebih dikenal dengan nama Algoarisme atau Algorisme. Dalam bukunya al-Khawarizmi memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan angka 0 (nol) yang dalam bahasa arab disebut sifr. Sebelum al-Khawarizmi memperkenalkan angka nol, para ilmuwan mempergunakan abakus, semacam daftar yang menunjukkan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya, untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan. Akan tetapi, hitungan seperti ini tidak mendapat sambutan dari kalangan ilmuwan Barat ketika itu dan mereka lebih tertarik untuk mempergunakan raqam al-binji (daftar angka arab, termasuk angka nol), hasil penemuan al-khawarizmi. Dengan demikian angka nol baru dikenal dan dipergunakan orang Barat sekitar 250 tahun setelah ditemukan al-Khawarizmi.
Al-Khawarizmi (Khawarizm,Uzbekistan, 194 H/780 M-Baghdad, 266 H/850 M). Ilmuwan muslim, ahli di bidang ilmu matematika, astronomi, dan geografi. Nama lengkapnya adalah Abu Ja’far Muhammad bin Musa al-Khawarizmi dan di barat ia lebih dikenal dengan nama Algoarisme atau Algorisme. Dalam bukunya al-Khawarizmi memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan angka 0 (nol) yang dalam bahasa arab disebut sifr. Sebelum al-Khawarizmi memperkenalkan angka nol, para ilmuwan mempergunakan abakus, semacam daftar yang menunjukkan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya, untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan. Akan tetapi, hitungan seperti ini tidak mendapat sambutan dari kalangan ilmuwan Barat ketika itu dan mereka lebih tertarik untuk mempergunakan raqam al-binji (daftar angka arab, termasuk angka nol), hasil penemuan al-khawarizmi. Dengan demikian angka nol baru dikenal dan dipergunakan orang Barat sekitar 250 tahun setelah ditemukan al-Khawarizmi.
2.
Al-Battani (850-923)
Al Battani (sekitar 850 – 923) adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan dari Arab. Al Battani (Bahasa Arab أبو عبد الله محمد بن جابر بن
سنان الحراني الصابي البتاني ; nama lengkap: Abū ʿAbdullāh Muḥammad
ibn Jābir ibn Sinān ar-Raqqī al-Ḥarrani aṣ-Ṣabiʾ al-Battānī) , lahir
di Harran dekat Urfa. Beliau adalah seorang ahli
astronomi dan matematikawan dari Arab. Salah satu pencapaiannya yang terkenal
adalah tentang penentuan tahun matahari sebagai 365 hari, 5 jam, 46 menit dan
24 detik. Dalam bidang matematika, Al Batani banyak berperan dalam hal
trigonometri. Istilah, pengertian, dan sejumlah rumus sinus dan cotangen
berhasil diuraikannya dengan sempurna, lengkap dengan tabel-tabelnya dalam
bentuk derajat-derajat sudut.
Adapun
persamaan trigonometri yang ditemukannya adalah:
Ia juga memecahkan persamaan sin x = a cos x dan
menemukan rumus:
dan menggunakan gagasan al-Marwazi tentang tangen dalam
mengembangkan persamaan-persamaan untuk menghitung tangen, cotangen dan
menyusun tabel perhitungan tangen.
3.
Al-Qalasadi
Konstribusi
Alqalasadi dalam mengembangkan matematika sungguh sangat tak ternilai. Ia sang
matematikus Muslim abad ke-15, kalau tanpa dia boleh jadi manusia tidak
mengenai simbol-simbol ilmu hitung. Sejarah mencatat Alqasadi merupakan salah
seorang matematikus muslim yang berjasa mengenalkan simbol-simbol Aljabar.
Al-Qalasadi
dalam mengembangkan matematika sungguh sangat tak ternilai. Ia sang matematikus
Muslim di abad ke-15, kalau tanpa dia boleh jadi dunia dunia tak mengenal
simbol-simbol ilmu hitung. Sejarang mencatat, al Qalasadi merupakan salah
seorang matematikus Muslim yang berjasa memperkenalkan simbol-simbol Aljabar.
Symbol-simbol tersebut pertama kali dikembangkan pada abad 14 oleh Ibnu
al-Banna kemudian pada abad 15 dikembangkan oleh al-Qalasadi, al-Qalasadi
memperkenalkan symbol-simbol matematika dengan menggunakan karakter dari
alphabet Arab [3].
Ia menggunakan wa yang berarti “dan” untuk penambahan (+), untuk pngurangan (-), al-Qalasadi menggunakan illa berarti “kurang”. Sedangkan untuk perkalian (x), ia menggunakan fi yang berarti “kali”. Simbol ala yang berarti ”bagi” digunakan untuk pembegian (/).
Ia menggunakan wa yang berarti “dan” untuk penambahan (+), untuk pngurangan (-), al-Qalasadi menggunakan illa berarti “kurang”. Sedangkan untuk perkalian (x), ia menggunakan fi yang berarti “kali”. Simbol ala yang berarti ”bagi” digunakan untuk pembegian (/).
4.
Al-Khazin atau Abu Ja’far Al-Khazin
Al-Khazin
atau Abu Ja’far Al-Khazin Beliau seorang astronom dan ahli matematika Muslim
Persia dari Khurasan. Dia menguasai bidang astronomi dan teori bilangan. Beliau
merupakan salah satu ilmuwan yang dibawa ke Istana Rayy oleh penguasa Dinasti
Buyid, Adud ad-Dawlah. Sekitar tahun 959 – 960 al-Khazin diminta oleh wazir
dari Rayy, untuk mengukur arah miring ekliptika atau sudut di mana matahari
muncul untuk membuat garis khatulistiwa bumi. Dia dikatakan telah membuat pengukuran
menggunakan cincin sekitar 4 meter.
Abu Bakar bin Muhammad bin Al Husain al-Karajī atau
al-Karkhī (953 di Karajatau Karkh – 1029) adalah seorang matematikawan
muslim Persia abad ke-10 dan insinyur. Tiga karya utamanya adalah Al-Badi’ fi’l-hisab (perhitungan
yang indah), Al-Fakhri fi’l-jabr wa’l-muqabala (aljabar yang
agung), dan Al-Kafi fi’l- hisab(perhitungan yang memadai). Beliau
lahir di Karajatau Karkh. Al-Karaji menulis tentang matematika dan teknik.
Beberapa menganggap dia hanya ulang ide-ide orang lain ia dipengaruhi oleh
Diophantus tetapi kebanyakan menganggapnya lebih orisinil, khususnya untuk
membebaskan aljabar dari geometri.
Muhammad al-Karaji adalah salah seorang ilmuwan Muslim yang berjasa mengembangkan
studi hidrologi, seorang saintis terkemuka
dari Karaj, Persia. Lewat Kitab Inbat al-miyah al-Khafiya,
al-Karaji mengkaji dan menyumbangkan pemikirannya dalam ilmu ekstraksi air bawah tanah. Berkat kehebatannya, ia bahkan
mendapat julukan sebagai pelopor mesin tenaga air. Penguasaan di bidang ini meliputi
masalah penyediaan berbagai sarana air bersih, pengendalian gerakan air, serta
penemuan berbagai teknologi hidrologi. Teknologi
pengeolaan yang dikenalkan al Karaji merupakan metode pengelolaan air yang
canggih yang membuat pasokan air di kota-kota modern Islamtetap melimpah sehingga perkembangan kota tetap pesat.
Di usianya yang masih muda, ia telah melanglangbuana ke
Baghdad. Di pusat pemerintahan Kekhalifahan Abbasiyah, yang saat itu dikuasai Dinasti Buwaih, ia memegang posisi tinggi dalam
bidang administrasi, sekitar tahun 402 H/1011-1012 M. Setelah itu dia kembali ke tanah
kelahirannya.
Hal itu diungkapkan Mohammed Abattouy dalam karyanya bertajuk
Muhammad Al-Karaji: A Mathematician Engineer from the Early 11th Century.
Menurut Abattouy, pengusaan teknologi mesin air di duniaIslam telah melahirkan sebuah revolusi pertanian yang berbasis pada penguasaan di bidang hidrologi.
Abattouy mengungkapkan, salah seorang ilmuwan Muslim yang
menjadi peristis di bidang mesin air adalah Muhammad al-Karaji. Ia adalah
seorang ahli matematika dan juga ahli mesin. Menurut Abattouy, pada masa itu, al-Karaji sudah mampu
menjelaskan tentang air bawah tanah dan segala perlengkapannya.
6. Al-Abbas ibn Said al-Jawhari atau Al-Jawhari
Al-Abbas
ibn Said al-Jawhari atau Al-Jawhari adalah seorang matematikawan Arab dan
astronom yang menulis tentang Euclid’s Elements dan menjadi yang pertama untuk
mencoba bukti dalil paralel. Beliau adalah seorang ahli geometri yang bekerja
di Rumah Kebijaksanaan di Baghdad dan dalam waktu singkat di Damaskus di mana
ia membuat pengamatan astronomi.
Beliau lahir di Baghdad, al-Jawhari adalah anggota sebuah lembaga ulama yang didirikan oleh Khalifah al-Ma’mun (sekitar 813-833). Dalam bukunya Commentary on Euclid’s Elements, al-Jawhari menyajikan sekitar 50 dalil selain yang ditawarkan oleh Euclid, ia berusaha meskipun tidak berhasil untuk membuktikan postulat paralel.
Beliau lahir di Baghdad, al-Jawhari adalah anggota sebuah lembaga ulama yang didirikan oleh Khalifah al-Ma’mun (sekitar 813-833). Dalam bukunya Commentary on Euclid’s Elements, al-Jawhari menyajikan sekitar 50 dalil selain yang ditawarkan oleh Euclid, ia berusaha meskipun tidak berhasil untuk membuktikan postulat paralel.
7.
Abd al-Hamid ibn Turki
Beliau yang dikenal juga sebagai Abd al-Hamid bin Wase bin
Turk Jili adalah matematikawan muslim Turki pada abad kesembilan.
Dia menulis sebuah karya pada aljabar yang hanya terdiri dari bab “Kebutuhan Logika dalam Persamaan Campuran”, pada solusi persamaan kuadrat, dan masih ada sampai saat ini.
Dia menulis sebuah karya pada aljabar yang hanya terdiri dari bab “Kebutuhan Logika dalam Persamaan Campuran”, pada solusi persamaan kuadrat, dan masih ada sampai saat ini.
Dia
menulis sebuah naskah berjudul Kebutuhan logis dalam Persamaan Campuran, yang
sangat mirip dengan al-Khwarzimi Al-Jabr dan diumumkan di sekitar waktu yang
sama, atau bahkan mungkin lebih awal dari Al-Jabr. Naskahnya memberikan persis
demonstrasi geometris yang sama seperti yang ditemukan di Al-Jabr, dan dalam
satu kasus contoh yang sama seperti yang ditemukan di Al-Jabr, dan bahkan
melampaui Al-Jabr dengan memberikan bukti geometris bahwa jika determinan
negatif maka persamaan kuadrat tidak memiliki solusi . Kesamaan antara dua
karya tersebut telah menyebabkan beberapa sejarawan untuk menyimpulkan aljabar
yang mungkin telah dikembangkan dengan baik pada saat al-Khwarizmi dan ‘Abd
al-Hamid.
8. Yaqub ibn Ishaq al-Kindi
Abu
Yūsuf Yaʻqūb ibn ʼIsḥāq aṣ-Ṣabbāḥ al-Kindī lahir pada tahun 801 dan wafat pada
tahun 873 M ini juga dikenal sampai ke Barat oleh versi nama Latinnya
“Alkindus”. Alkindus dikenal di barat sebagai seorang polymath Arab Irak,
filsuf Islam, ilmuwan, ahli astronomi, kosmologi, kimia, ahli logika, matematikawan,
musisi, dokter, ahli fisika, psikolog, dan meteorologi.
Al-Kindi adalah yang pertama dari para filsuf Peripatetik Muslim, dan dikenal atas usahanya untuk memperkenalkan filsafatYunani dan Helenistik ke dunia Arab.
Al-Kindi adalah yang pertama dari para filsuf Peripatetik Muslim, dan dikenal atas usahanya untuk memperkenalkan filsafatYunani dan Helenistik ke dunia Arab.
Beliau dikenal sebagai filsuf pertama yang lahir dari
kalanganIslam. Semasa hidupnya, selain bisa berbahasa Arab, ia mahirberbahasa Yunani. Banyak karya-karya para
filsuf Yunaniditerjemahkannya dalam bahasa Arab;
antara lain karyaAristoteles dan Plotinos. Sayangnya ada sebuah karya Plotinus yang diterjemahkannya
sebagai karangan Aristoteles yang berjudul Teologi menurut Aristoteles,
yang di kemudian hari menimbulkan sedikit kebingungan.
Ia adalah filsuf berbangsa Arab dan dipandang sebagai filsuf Muslim pertama. Secara
etnis, al-Kindi lahir dari keluarga berdarah Arab yang berasal dari suku
Kindah, salah satu suku besar daerah Jazirah Arab Selatan. Salah satu kelebihan
al-Kindi adalah menghadirkan filsafat Yunani kepada kaum Muslimin setelah terlebih dahulu
mengislamkan pikiran-pikiran asing tersebut.
Al Kindi telah menulis banyak karya dalam pelbagai disiplin
ilmu, dari metafisika, etika, logika dan psikologi, hingga ilmu pengobatan, farmakologi, matematika, astrologi dan optik, juga meliputi topik praktis seperti parfum, pedang, zoologi, kaca,meteorologi dan gempa bumi.
Di antaranya ia sangat menghargai matematika. Hal ini
disebabkan karena matematika, bagi al-Kindi, adalah mukaddimah bagi siapa saja
yang ingin mempelajari filsafat. Mukaddimah ini begitu penting sehingga tidak
mungkin bagi seseorang untuk mencapai keahlian dalam filsafat tanpa terlebih
dulu menguasai matematika. Matematika di sini meliputi ilmu tentang bilangan,harmoni, geometri dan astronomi.
Yang paling utama dari seluruh cakupan matematika di sini
adalah ilmu bilangan atau aritmatika karena jika bilangan tidak
ada, maka tidak akan ada sesuatu apapun.
Al-Kindi membagi daya jiwa menjadi tiga: daya bernafsu (appetitive), daya
pemarah (irascible), dan daya berpikir (cognitiveatau rational).
Sebagaimana Plato, ia membandingkan ketiga kekuatan
jiwa ini dengan mengibaratkan daya berpikir sebagai sais kereta dan dua
kekuatan lainnya (pemarah dan nafsu) sebagai dua ekor kuda yang menarik kereta
tersebut. Jika akal budi dapat berkembang dengan baik,
maka dua daya jiwa lainnya dapat dikendalikan dengan baik pula. Orang yang
hidupnya dikendalikan oleh dorongan-dorongan nafsu birahi dan amarah
diibaratkan al-Kindi seperti anjing dan babi, sedang bagi mereka yang
menjadikan akal budi sebagai tuannya, mereka diibaratkan sebagai raja.
Menurut al-Kindi, fungsi filsafat sesungguhnya bukan untuk
menggugat kebenaran wahyu atau untuk menuntut keunggulan
yang lancang atau menuntut persamaan dengan wahyu. Filsafat haruslah sama
sekali tidak mengajukan tuntutan sebagai jalan tertinggi menuju kebenaran dan
mau merendahkan dirinya sebagai penunjang bagi wahyu.
Ia mendefinisikan filsafat sebagai pengetahuan tentang segala sesuatu sejauh
jangkauan pengetahuan manusia. Karena itu, al-Kindi dengan tegas mengatakan
bahwa filsafat memiliki keterbatasan dan bahwa ia tidak dapat mengatasi problem
semisal mukjizat, surga, neraka, dan kehidupan akhirat. Dalam semangat ini pula, al-Kindi mempertahankan
penciptaan dunia ex nihilio, kebangkitan jasmani, mukjizat,
keabsahan wahyu, dan kelahiran dan kehancuran dunia oleh Tuhan.
Al-Kindi mengumpulkan berbagai karya filsafat secara
ensiklopedis, yang kemudian diselesaikan oleh Ibnu Sina(Avicenna) seabad kemudian. Ia juga tokoh
pertama yang berhadapan dengan berbagai aksi kejam dan penyiksaan yang
dilancarkan oleh para bangsawan religius-ortodoks terhadap berbagai pemikiran
yang dianggap bid’ah, dan dalam keadaan yang sedemikian
tragis (terhadap para pemikir besar Islam), al Kindi dapat membebaskan diri
dari upaya kejam para bangsawan religius-ortodoks itu.
9. Banu Musa
Banu
Musa terdiri dari tiga bersaudara yang bekerja di Rumah Kebijaksanaan di
Baghdad. Risalah matematika paling terkenal mereka adalah kitab dari pengukuran
pesawat dan angka bulat, yang dianggap masalah yang sama seperti Archimedes
lakukan pada pengukuran lingkar, pada bola dan silinder.
Banu Musa melihat daerah lingkaran sedikit berbeda dari orang-orang Yunani lakukan. Dalam penelitian mereka menerjemahkan, orang-orang Yunani memandang volume dan area yang lebih dalam hal rasio, daripada memberikan mereka sebuah nilai angka yang sebenarnya. Sebagian besar dari mereka berdasarkan pengukuran tersebut relatif pada ukuran benda lain. Dalam salah satu publikasi yang masih hidup mereka Kitab marifat masakhat al-ashkal Kitab Pengukuran Pesawat dan Angka Bulat) Banu Musa memberi volume dan luas jumlah nilai. Ini adalah bukti bahwa tidak hanya menerjemahkan materi Yunani dan menciptakan. Mereka benar-benar membangun konsep dan datang dengan beberapa karya asli mereka sendiri.
Yang paling populer dari publikasi mereka adalah Kitab al-hiyal, yang sebagian besar karya Aḥmad, saudara tengah, adalah sebuah buku yang penuh dengan seratus perangkat mekanik. Ada beberapa penemuan yang nyata praktis dalam buku ini termasuk lampu dengan mekanis redup, bolak air mancur, dan ambil clamshell. Delapan puluh dari perangkat ini digambarkan sebagai “kapal trik” yang menunjukkan penguasaan nyata mekanika, dengan fokus nyata pada penggunaan tekanan ringan. Beberapa perangkat tampaknya ulangan dari karya-karya Yunani sebelumnya, tapi sisanya yang jauh lebih maju dari apa yang orang-orang Yunani yang telah lakukan.
Banu Musa melihat daerah lingkaran sedikit berbeda dari orang-orang Yunani lakukan. Dalam penelitian mereka menerjemahkan, orang-orang Yunani memandang volume dan area yang lebih dalam hal rasio, daripada memberikan mereka sebuah nilai angka yang sebenarnya. Sebagian besar dari mereka berdasarkan pengukuran tersebut relatif pada ukuran benda lain. Dalam salah satu publikasi yang masih hidup mereka Kitab marifat masakhat al-ashkal Kitab Pengukuran Pesawat dan Angka Bulat) Banu Musa memberi volume dan luas jumlah nilai. Ini adalah bukti bahwa tidak hanya menerjemahkan materi Yunani dan menciptakan. Mereka benar-benar membangun konsep dan datang dengan beberapa karya asli mereka sendiri.
Yang paling populer dari publikasi mereka adalah Kitab al-hiyal, yang sebagian besar karya Aḥmad, saudara tengah, adalah sebuah buku yang penuh dengan seratus perangkat mekanik. Ada beberapa penemuan yang nyata praktis dalam buku ini termasuk lampu dengan mekanis redup, bolak air mancur, dan ambil clamshell. Delapan puluh dari perangkat ini digambarkan sebagai “kapal trik” yang menunjukkan penguasaan nyata mekanika, dengan fokus nyata pada penggunaan tekanan ringan. Beberapa perangkat tampaknya ulangan dari karya-karya Yunani sebelumnya, tapi sisanya yang jauh lebih maju dari apa yang orang-orang Yunani yang telah lakukan.
10.
Abu Abd Allah Muhammad ibn Isa Al-Mahani
Beliau
adalah salah satu penulis modern yang dikandung gagasan pemecahan teorema bantu
yang digunakan oleh Archimedes dalam proposisi keempat buku kedua dari risalah
tentang bola dan silinder aljabar.
Abu-Abdullah
Muhammad bin Isa Mahani (ابوعبدالله محمد بن عیسی ماهانی) adalah seorang Muslim
Persia, matematikawan dan astronom dari Mahan, Kerman,Persia. Serangkaian
pengamatan gerhana bulan dan matahari dan konjungsi planet, yang dibuat oleh
dia 853-866, ternyata digunakan oleh Ibn Yunus. Dia menulis komentar tentang
Euclid dan Archimedes, dan meningkatkan terjemahan Ishaq bin Hunain tentang
Menelaus dari Alexandria Spherics. Dia mencoba sisa-sisa untuk memecahkan
masalah Archimedes: untuk membagi bola dengan cara pesawat menjadi dua segmen
berada dalam rasio tertentu volume. Masalah yang menyebabkan persamaanhkubik,
yang disebut persamaan al-Mahani itu.
11. Umar Kayyam
11. Umar Kayyam
Beliau
lahir pada tahun 1048 di Khurasan. Nama lengkapnya adalah Ghyasiddin Abul Fatih
ibn Ibrahim al-Khayyam. Umar Khayyam dikenal sebagai ilmuwan cerdas abad
pertengahan. Ia memiliki nama besar di bidang matematika, astronomi dan sastra.
Adapun di bidang matematika, khususnya mengenai aljabar, ia juga menghasilkan
sebuah karya, seperti al-Jabr (Algebra). Al-Hajjaj bin Yusuf bin Matar adalah
seorang matematikawan Arab yang pertama kali menerjemahkan Elemen Euclid dari
bahasa Yunani ke dalam bahasa Arab.
Selain sebagai seorang matematikawan dia juga terkenal sebagaiastronom yang memperhitungkan bagaimana mengoreksikalender Persia. Pada 15 Maret 1079, Sultan Jalaluddin
Maliksyah Saljuqi (1072-1092)
memberlakukan kalender yang telah diperbaiki Umar, seperti yang dilakukan
oleh Julius Caesar diEropa pada tahun 46 SM dengan koreksi terhadap Sosigenes, dan yang dilakukan oleh Paus Gregorius XIII pada Februari 1552 dengan
kalender yang telah diperbaiki Aloysius Lilius (meskipunBritania Raya baru beralih dari Kalender Julian kepada kalender Gregorian pada 1751, dan Rusia baru melakukannya pada 1918). Dia pun terkenal karena
menemukan metode memecahkanpersamaan kubik dengan memotong sebuah parabola dengan sebuah lingkaran.
Itu adalah sebagian kecil ilmuwan matematika, masih banyak
ilmuwan matematika muslim dan banyak juga ilmuwan muslim di bidang lain seperti
fisika, kimia, biologi, kedokteran, filsafat, dll. Bagi umat muslim, mari kita
jadikan ilmuwan-ilmuwan muslim ini sebagai salah satu motivasi kita bahwa kita
sebagai seorang muslim bisa juga menjadi ilmuwan penemu konsep, terutama konsep
matematika.
Sumber
https://matharis.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar